Air terjun Oenesu merupakan sebuah tujuan wisata utama yang selalu ramai dikunjungi oleh baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Terutama pada hari libur atau hari Minggu Obyek ini dikunjungi lebih dari 1000 pengunjung. Ada berkunjung untuk merayakan ulang tahun, beribadah atau melangsungkan berbagai kegiatan sambil menikmati keindahan panorama air terjun Oenesu, yang sesekali diselingi pekikan berbagai satwa liar yang ada dihutan sekitar air terjun.

Lokasi ini seluas 0,7 ha di Kecamatan Kupang Barat. Berjarak 17 km dari Ibu Kota Propinsi NTT yaitu Kota Kupang. Bagi pengunjung yang menyukai petualangan dapat menumpahkan hasratnya ditampat ini, pada lokasi ini cukup menantang baik melewati pegunungan sekitar air terjun atau pun menyusuri sungai kecil sekitar wilayah tersebut. Berbagai satwa yang dilindungi ada dalam lokasi ini sehingga para pengunjung dapat melakukan kegiatan yang disukainya secara bebas.

Saat masuk di obyek ini para pengunjung diharapkan membayar pas masuk Rp. 1500 untuk orang dewasa, Rp. 1000 untuk anak kecil. Kendaraan Roda 4 harus membayar Rp. 2000 dan Roda 2 membayar Rp1000. Biaya ini tentunya bermanfaat untuk menambah kocek PAD Kabupaten Kupang dan sekaligus juga dipakai untuk operasional pemeliharaan semua lopo, toilet dan fasilitas lain yang dalam kawasan ini. Air terjun ini spesifikasi daya tariknya Air Terjun Oenesu memiliki 4 tingkat, tempat rekreasi, mandi, kemping dan menelusuri hutan wisata.

Bila kita ingin mengunjungi Oenesu dari Kota Kupang (Ibukota Propinsi NTT) maka kita harus menelusuri perjalanan sejauh 17 km, dengan jalan yang aspal yang cukup mulus, hanya beberapa kilometer yang pada cabang masuk air terjun yang jalannya sedikit rusak namun demikian masih dapat dijangkau dengan transportasi umum dan kendaraan pribadi. Pada musim hujan sekalipun obyek ini masih tetap dapat dijangkau dengan mudah, karena jalannya tidak berlumpur atau becek. Semua kendaraan dapat langsung berhenti persis disamping lokasi air terjun.

Obyek ini telah dibenahi dengan sarana : Lopo, Rumah Makan, MCK, Jalan Setapak dan tempat parkir. Terkadang juga pada hari libur kita dapat menikmati hidangan bakso panas, rujak dan berbagai jenis makanan lainnya yang dijajakan oleh para penjual yang juga datang menggunakan kendaraan bermotor. Untuk dapat melihat air terjun dari dekat, pihak pengelola telah membuat tangga turun sehingga anak kecilpun dapat langsung melihat keindahan panorama air terjun dari dekat. pengunjung juga dapat mandi sambil menikmati jatuh serpihan air terjun yang menyentuh tubuh.