Flamboyan adalah tanaman hias berbentuk pohon dengan perilaku unik dan warna menarik. Tingginya bervariasi dengan paling tinggi mencapai 12 meter. Pohon Sepe demikian disebut oleh orang-orang Kupang untuk pohon Falmboyan ini. Di Kupang pohon sepe tumbuh liar di pinggir jalan atau di tanah terbuka. Pohon Sepe di Kupang rata-rata berwarna merah.

Pohon sepe ini menyukai tempat terbuka dan sinar matahari yang cukup. Batangnya licin, berwarna cokelat kelabu dengan lapisan luar yang sangat keras, berat, dan tahan air atau serangga. Akarnya cukup kuat sehingga Pohon Sepe yang tumbuh di sekitar trotoar jalan bisa mengangkat permukaan trotoar tersebut atau bahkan aspal jalan. Bentuk pohonnya yang bercabang banyak dan melebar. Dengan bentuk daun majemuk dan rapat, menciptakan kerimbunan yang khas dan memberikan kerindangan, serta kenyamanan bagi siapa pun yang berteduh di bawahnya.

Daun-daunnya akan terus menghijau sepanjang musim hujan hingga awal musim kemarau. Barulah ketika memasuki pertengahan kemarau, daun-daun Pohon Sepe akan berguguran. Beberapa batang dan rantingnya mengering, dan patah. Inilah cara alami Pohon Sepe beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Mendekati bulan-bulan Desember di Kupang, saatnya musim hujan datang Pohon Sepe yang tampak kering ini akan mulai menampakkan pucuk bunganya. Disepanjang jalan di Kota Kupang akan dihiasi warna merah oleh pohon Sepe ini seolah menyambut akan datangnya Hari Natal.

Sumber Foto : http://www.facebook.com/pages/I-LOVE-KUPANG/83384882134