Kolam Baumata adalah tempat wisata kolam atau pemandian yang airnya berasal dari beberapa mata air yang sangat jernih airnya dan mempunyai debit yang sangat besar serta tidak pernah mengalami kekeringan pada musim kemarau.

Yang bikin betah berlama-lama disini adalah  kolam ini berada di tengah-tengah hutan lindung dengan lingkungan yang sejuk dan hijau. Juga terdapat juga kolam-kolam kecil yang dipenuhi ikan-ikan mas dan dihiasi teratai. Ikan-ikan ini berasal dari danau kecil di dekat kolam yang sekarang dipenuhi banyak enceng gondok. Anda bisa membeli kerupuk baumata yang khas untuk konsumsi atau sekedar memberi makan ikan-ikan mas tersebut.

Tempat rekreasi Baumata hanya dapat ditempuh melalui jalan darat ± 30 menit dengan menggunakan kendaraan umum (Bemo) dari Kupang jurusan Penfui – Baumata – nomor 15 dan nomor 16, maupun dengan Jeep, Taxi, Sepeda Motor ataupun dengan bersepeda.

Lokasi wisata ini hanya dibuka pada Hari Jumat, Sabtu dan Minggu atau pada hari libur lainnya. Terutama pada pada hari libur obyak wisata akan dikunjungi oleh banyak pengunjung yang berdatangan dari kota KUpang maupun daerah sekitarnya. Telah tersedia tempat parkir, kamar ganti, Toilet, Warung makan.

Karcis Masuk :
– Dewasa seharga Rp.5.000/ orang
– Anak-anak seharga Rp 3.500 / orang
– Sewa Ban / pelampung, Ban Kecil Rp.5000, Ban Besar Rp.10.000

Sumber foto : http://wikimapia.org/10701845/id/Tempat-rekreasi-kolam-Baumata-see-picture-lihat-foto