Diposkan pada Bahasa

Belajar Bahasa Kupang

Sebelumnya saya berterima-kasih dulu pada teman2 yang sudah mau mendengarkan presentasi saya tadi di kelas ttg blog ini dan juga bagi Ibu Dosen, Bu Imelda yang memberikan tugas membuat blog dan sudah mengizinkan dan memberikan waktu utk presentasi blog. Terima-kasih untuk pertanyaan2, antusiasnya ingin tahu banyak tentang kupang dan sekitarmya. Pertanyaan tentang bahasa Kupang muncul, memberi masukan bagi saya untuk menulis sebuah tulisan tentang bahasa Kupang. Dimulai dari Slogan dari Blog ini, yaitu “Bae Sonde Bae Kota Kupang Lebe Bae“. Secara umum penekanan “e” untuk bahasa Kupang sedikit berbeda dengan penekanan “e” dalam Bahasa Indonesia. Tapi untuk yang baru belajar itu tidak jadi masalah, orang Kupang yang mendengarnya pun bisa mengerti. Kembali ke Slogan tadi, “Bae” artinya Baik, “Sonde” atinya Tidak, “Lebe” artinya Lebih. Jadi secara singkat Slogan tadi artinya “Baik Tidak Baik Kota Kupang Lebih Baik”. Namun slogan tersebut mengandung pengertian yang lebih dalam, yaitu berarti suatu ungkapan cinta kepada tanah air, tanah kelahiran, sejelek apapun perkataan orang tentang tanah kelahiran kita, kota apapun itu, bagi kita kota itulah yang terbaik.

Ada pertanyaan : Susah tidak sih, bahasa Kupang. Dibandingkan dengan bahasa Sunda, Bahasa Bali, dan beberapa bahasa daerah lainnya yang pernah saya dengar, Bahasa Kupang tidak terlalu susah untuk dipelajari. Kata-kata lainnya dalam percakapan sehari-hari yang sering disebutkan adalah sebagai berikut :

  • Saya : Beta/ Be
  • Kamu : Lu,
  • Kalian : Basong,
  • Kami : Katong,
  • Tidak : Sonde,
  • Bagaimana/Gimana : Karmana,
  • Mereka : Dong,
  • Bersih : Barisi,
  • Kotor : Dadolek,
  • Buat : Bikin,
  • Uang : Doi,
  • dll

Bahasa panggilan dalam bahasa Kupang :

  • Bapak : Baptua,
  • Mama : Mamtua,
  • Pacar(Pria) : Baitua,
  • Pacar(Perempuan) : Maitua,
  • Laki-Laki : Nyong,
  • Perempuan : Nona,

Selain itu ada beberapa panggilan yang berasal dari bahasa daerah dari daerah sekitar kupang, seperti :

  • Laki-laki dewasa : (Dari daerah Rote) : To’o, (Dari daerah Sabu) : Ama, (Dari daerah Sumba) : Umbu.
  • Perempuan dewasa : (Dari daerah Rote) : Ti’i, (Dari daerah Sabu) : Ina, (Dari daerah Sumba) : Rambu.

Ada juga beberapa kata dalam Bahasa Kupang yang adalah bahasa Indonesia yang disingkat,  seperti :

  • Sudah : Su,
  • Mau : Mo,
  • Pergi : Pi,
  • Siapa : Sapa
  • Dengan : Deng,
  • Punya : Pung,
  • Jangan : Jang,
  • Ingat : Inga,
  • Pakai : Pake,
  • Coba : Co,
  • Ikut : Iko,
  • Angkat : Angka,
  • Lagi : Lai,
  • dll

Ada juga ungkapan dalam bahasa Kupang, atau yang dalam bahasa Indonesia adalah gabungan dua atau tiga kata, di Bahasa Kupang menjadi satu kata ungkapan, seperti :

  • Jalan-jalan : Tapale’uk,
  • Keren Abis : Kembo,
  • Tidak Peduli : Tasibu,
  • Orang Malas : Pamokol,
  • Pura-pura rajin : Kaba’uk
  • Orang Pelit : Kake’ek,
  • Orang Lebai : LebE’,
  • Orang Bodoh : Ngali,
  • dll

Ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia adalah kata yang berimbuhan, di bahasa Kupangnya menjadi, seperti :

  • Membersihkan : Kas Barisi,
  • Memberitahukan : Kas Tahu,
  • Bercerita : Bacarita,
  • Bersaudara : Basodara,
  • Berbunyi : Babunyi,
  • Mengikuti : Ba’iko,
  • dll

Ada juga beberapa kata dalam bahasa Indonesia, yang dalam bahasa Kupangnya, huruf “e” pada kata dalam bahasa Indonesia tersebut menjadi huruf “a” dalam bahasa Kupang, seperti :

  • Cerita : carita,
  • Gelisah : galisa,
  • Cepat : capat,
  • Kepala : Kapala,
  • Periksa : Pariksa,
  • Pencuri : Pancuri
  • dll

Jika dilihat sepintas pada kata-kata tersebut huruf “e” pada posisi kedua diubah dalam bahasa kupang menjadi huruf “a”. Mungkin sampai disini dulu belajar bahasa Kupangnya, seperti yang saya katakan dalam presentasi di kelas tadi, Bahasa Kupang tidak terlalu susah untuk dipejari. Ada beberapa teman-teman yang saya kenal dari Bima, kebetulan mereka adalah polisi yang ditempatkan di Kupang, baru pertama kali ke Kupang namun dalam beberapa bulan, mereka sudah bisa memahami bahasa Kupang bahkan dengan lancar berbahasa Kupang. Berikut adalah link tempat dimana anda bisa belajar bahasa kupang : http://www.pos-kupang.com/editorial/tapaleuk. Jika anda bisa memahami tulisan-tulisan link diatasnya

Iklan

38 tanggapan untuk “Belajar Bahasa Kupang

  1. Kalo angka dlm bahasa kupang itu gmn ya? 1 itu disebut apa, 2 apa dan seterusnya. Puluhan ratusan ribuan? Tolong dibantu ya. Makasih

  2. Bapukul = saling pukul – pukulan
    Dong su pi = mereka sudah pergi
    De pung mata pun cantik = dia punya mata begitu cantik..

    Maaf kalo salah, sejak 1999 pindah ke Medan, blum pernah balik ke Kupang lagi 🙂

  3. Kalo kata “neng” dalam bahasa kupang artinya apanya? Mohon jawabanny ya. saya sangat tertarik untuk belajar bahasa kupang. terima kasih

  4. Perlu diteliti lebih dalam apakah kata2 diatas adalah bahasa asli kupang atau tidak, sebenarnya bahasa asli orang kupang itu bahasa Dawan/Meto

  5. woow,, keren nih,,.meskipun saya bukan org kupang, bahasa kupang memang sangat mudah di pelajari. saya juga pernah tinggal di kupang namun hanya 2 bulan saja, selama 2 bulan paman dan org2 rumah selalu berbicara bahasa kupang dalam setiap aktivitas mereka. jadi dari situlah saya bisa berbicara bahasa kupang dgn mereka dan teman2 di kompleks tsb (OEBUFU TDM 3) hehe

  6. Minta Teks Perkenalan Diri Dalam bahasa Kupang
    Trus ini artinya apa kalau dalam bahasa kupang
    Bapak Bapak Ibu ibu Yang saya hormati. Berdirinya saya disini akan memperkenalkan diri saya

    1. Bapa Mama samua yang terkasih beta badiri disini mo perkenalkan beta pung diri, beta pung nama Ibnul dst…. (kalo ini acara formal pake bahasa indonesia saja, orang2 daerah disini kalo acara formal bahasa indonesianya baku, dan sering dipakai, jika ada orang luar yang datang)

  7. Wow, terima kasih kami memang tertarik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan budaya, semoga ketika kami penelitian di Kupang blog ini akan sangat membatu …….

    salam ronanusantara
    maju terus budaya nusantara !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s